Senin, 15 Februari 2016

Sekedar Informasi Manfaat Melukis bagi Putra - putri Anda

Menurut Wikipedia.org, Melukis adalah kegiatan mengolah medium dua dimensi atau permukaan dari objek tiga dimensi untuk mendapat kesan tertentu. Medium lukisan bisa berbentuk apa saja, seperti kanvas, kertas, papan, dan bahkan film di dalam fotografi bisa dianggap sebagai media lukisan. Alat yang digunakan juga bisa bermacam-macam, dengan syarat bisa memberikan imaji tertentu kepada media yang digunakan.
 Menurut beberapa seniman, melukis adalah luapan jiwa ketika kita menuangkan emosi yang di kembangkan melalui media cat (bahan yang lainnya) ke kanvas (media lainnya) untuk dilihat oleh penikmat seni dan apa yang dituangkannya itu sampai pada hati si penikmat tadi.
Maka ketika banyak orang menuangkan idenya melalui lukisan muncullah aliran-aliran seni lukis di dunia, sesuai dengan misi pelukisnya.
Melukis bisa memberikan efek positif bagi pemula, karena dari kegiatan ini Kemahiran motor penting untuk anak anak dalam proses perkembangan minda mereka. Apa itu kemahiran motor? Kemahiran motor adalah kemampuan seseorang anak untuk mengkoordinasikan gerakan otot -otot daripada anggota tubuh badan mereka.  Umumnya melibatkan koordinasi mata, tangan dan jari jemari.
Kemahiran motor sangat penting karena ia digunakan seumur hidup kita. Anak anak  yang mana dalam proses perkembangan fizikal dan minda, perlu memiliki kemahiran motor yang baik. 
Kajian menyatakan jika kemahiran motor anak anak adalah baik, ia sangat membantu anak anak dalam menjalani proses pendidikan di sekolah. 
Belajar seni lukis atau mengasah atau mengembangkannya bukan untuk seseorang menjadi pelukis atau seniman. Karena pada awalnya ilmu ini dipergunakan sebagai pengembangan/mengasah kecerdasan pada otak kanan. yaitu Mengasah motorik halus, melatih fokus pada pekerjaan, emosional, kreatifitas, menjaga keseimbangan antara otak kanan dan otak kiri sehingga otak tidak lelah/stress ketika menghadapi persoalan aritmatik atau sosial. 
Dalam persoalan di kehidupan pasti akan diketemukan persoalan aritmatik dan persoalan non aritmatik, yang keduanya serempak atau linier bergerak dengan cepat, dan otak harus segera merespon dengan cepat. seperti contoh sederhana : seorang pemain bola akan mengoper bola ke arah temannya sejauh 10 meter dan harus tepat di depan kakinya atau di dadanya sehingga memudahkan temannya untuk menjemput bola dan berapa kecepatan bola yang dibutuhkan untuk sampai? nah loh koq jadi kesana-sana ya? otak kiri akan merespon dengan cepat bilangan angka yang diperolehnya dan didistribusikan ke otak kanan untuk mengeksekusi. Hal ini terjadi sangat cepat. sampai sebegitunya. Iya lah! yang merespon segala aktifitas kita kan otak memang kamu nendang bola nggak pakai otak! (kalau untuk pemain bola pelajari saja khusus ilmu tentang gaya F=M.a nya Newton) tanamkan di otak kiri anda. dan asah imajinasi melalui latihan terus menerus.
Dan begitu pula sebaliknya dari nonaritmatik (imajinatif) ke aritmatik. banyak contoh-contoh pada kasus ini di setiap kehidupan kita, pelajari deh pasti anda akan menemukan jawabannya.
melukis itu harus terus di asah, agar terus berkembang dan menjaga otak agar tetap seimbang. melukis bukan persoalan bakat atau tidak bakat, seni lukis bukan memindahkan yang anda lihat ke dalam sebuah kanvas atau secarik kertas sehingga menyerupai bentuk yang anda lihat (kalau itu yang anda inginkan, kamu ambil foto digital, kemudian kamu pergi ke foto studio dan kamu cetak diatas kanvas).
Ada banyak manfaat kesehatan dari melukis dan menggambar.
1. Meningkatkan Kreatifitas
Melukis dan menggambar jelas akan menggunakan imajinasi seseorang. Mereka akan menciptakan gambar hidup dari rumah, orang, dan tempat-tempat. Orang bahkan dapat memilih untuk menggambarkan emosi mereka dan menghasilkan seni abstrak. Karena ini akan memerlukan penciptaan karya pribadi, seseorang harus menggunakan keterampilan artistik. Kegiatan ini kemudian akan memainkan peran bermanfaat dalam perkembangan otak seseorang.
Bagi orang-orang berotak kanan atau seni, melukis dan menggambar akan cara sehat untuk meningkatkan keterampilan kreatif yang mereka sudah terwujud. Di sisi lain, orang berotak kiri atau analitis juga dapat merangsang kreativitas dan meningkatkannya. Atas dasar faktor-faktor ini, menggambar dan melukis sangat dianjurkan untuk anak-anak. Bahkan, banyak anak-anak yang pada usia berkembang didorong untuk terlibat dalam melukis dan menggambar. Dengan pengembangan otak mereka, mereka akan lebih siap untuk bekerja akademik. Selain itu, mereka akan memiliki waktu lebih mudah menyampaikan ide-ide mereka untuk rekan-rekan mereka.
2. Meningkatkan Memori
Di sisi lain, manfaat kesehatan dari melukis dan menggambar juga dinikmati oleh orang-orang yang mengalami penyakit seperti penyakit Alzheimer. Meskipun mereka mungkin memiliki masalah dengan memori mereka, memungkinkan mereka untuk terlibat dalam melukis dan menggambar dapat membantu meningkatkan keterampilan mengingat mereka. Ketika mereka mempertajam pikiran mereka melalui imajinasi dan pemikiran, mereka mungkin mengalami kondisi yang kurang rumit dari penyakit mereka. Dengan demikian, mereka masih menikmati banyak kegiatan dalam hidup mereka terlepas dari kondisi mereka.
3. Meningkatkan keterampilan komunikasi
Hal lain dalam daftar panjang manfaat kesehatan dari melukis dan menggambar akan melibatkan kesempatan untuk meningkatkan komunikasi seseorang dengan orang lain.Sebagai seni melibatkan mengungkapkan pikiran batin seseorang dan perasaan, ia mungkin memproyeksikan semua emosi yang tak terlukiskan melalui lukisan dan gambar. Dalam menggunakan seni untuk membebaskan diri dari keterbatasan pribadi, individu dapat mengungguli kelemahan mereka. Ini dapat termasuk rasa malu, autisme, dan cacat lainnya.
Selain itu, karena melukis dan menggambar adalah proses yang terus menerus, orang-orang ini akan meningkatkan aliran pemikiran mereka karena mereka menciptakan karya seni tersebut. Ini bisa sangat berguna untuk usaha masa depan mereka.
4. Meningkatkan kemampuan pemecahan masalah (Problem solver)
Melukis dan menggambar juga dapat memicu perkembangan berpikir kritis dan pemecahan masalah. Bahkan, melukis dan menggambar memungkinkan seorang individu untuk menyadari bahwa ada dapat lebih dari satu solusi untuk satu masalah. Ketika mereka menemukan karya-karya seni yang mereka dapat menghasilkan dari buku gambar kosong, mereka mengembangkan teknik berpikir di luar kotak.
Melukis dan menggambar akan memperluas perspektif mereka pada berbagai situasi. Akibatnya, mereka akan mampu mengatasi berbagai tugas dengan cara yang kreatif dan sangat efektif. Restorasi emosional
5. Melepaskan Stress
Mungkin manfaat kesehatan utama dari melukis dan menggambar melibatkan aspek emosional individu. Untuk satu, banyak orang menggunakan seni untuk melepaskan stres.
Sebagai tekanan hidup bisa sangat melelahkan, individu telah mencoba melukis dan menggambar untuk bersantai dari persyaratan menuntut kehidupan. Mereka mampu membebaskan diri dari stres yang menumpuk dengan melepaskan ini dalam bentuk warna dan gambar. Ketika mereka sementara keluar dunia ketakutan dan kekhawatiran, mereka memasuki dunia yang menyenangkan dan kegembiraan.
Melepaskan stres seseorang bisa sangat bermanfaat untuk mengurangi risiko penyakit fisiologis lainnya.
6. Emosi lebih Positif
Selain itu, menciptakan lukisan dan gambar-gambar ini jelas akan mengurangi emosi negatif dalam individu. Ini akan digantikan oleh pikiran dan perasaan positif sebagai warna dan gambar akan dicontohkan. Tentu saja, sebagai salah satu mengembangkan keahliannya dalam melukis dan menggambar, ini akan menghasilkan hasil yang sangat baik. Oleh karena itu, hal ini dapat membuat seorang individu merasa baik tentang kemampuannya. Kegiatan ini akan meningkatkan harga diri dan akan menginspirasi dia untuk percaya pada apa yang bisa dia lakukan.
Melalui manfaat kesehatan ini dari melukis dan menggambar, seorang individu juga dapat mengembangkan optimisme dan merasa lebih bahagia melalui melukis dan menggambar. Dengan tubuh dan pikiran menjadi lebih rileks, seseorang dapat berfungsi lebih baik.
7. Pelepasan emosi yang tersembunyi
Selanjutnya, sebagai salah satu mencurahkan emosinya melalui seni, ia berkonsentrasi pada melepaskan semua emosi ini tersembunyi. Bahkan, rasa sakit fisik bahkan mungkin hilang sebagai salah satu yang sangat terlibat dalam lukisan dan gambar-nya. Penelitian telah disebut negara ini “Alpha”; ini menandakan bahwa bagian otak seseorang secara sadar melakukan kegiatan sedangkan bagian bawah sadar juga diungkapkan. Keadaan seperti itu juga dapat diperoleh dari kegiatan lain seperti doa, musik, dan meditasi. Negara ini akan melepaskan energi dan akan merevitalisasi individu. Dia akan mendapatkan kekuatan dalam bentuk ini khusus pemulihan. Akibatnya, proses penyembuhan bisa lebih cepat dan lebih efektif.
Mengetahui manfaat ini, tidak mengherankan untuk mengetahui bahwa melukis dan menggambar sangat dianjurkan untuk penyembuhan individu dari peristiwa yang menyakitkan seperti perang dan kekerasan (misalnya perkosaan). Bahkan, banyak terapis termasuk kegiatan ini dalam jadwal pasien mereka. Mereka akan mendorong pasien mereka untuk melepaskan perasaan mereka.
Sebagai seorang individu dapat menemukan lingkungan yang aman untuk menyampaikan emosinya, manfaat kesehatan dari melukis dan menggambar dapat dimaksimalkan untuk membantu pemulihan individu mengatakan ini. Dia akan tenggelam dalam dunia yang pembersihan dari semua peristiwa pahit yang mungkin telah terjadi padanya. Tingkat stres dan kecemasan emosional akan ditenangkan, sehingga memungkinkan dia untuk berfungsi lebih baik dan kembali ke pekerjaan yang biasa.
Melalui melukis dan menggambar, banyak terapi telah menjadi sukses. Dengan dukungan tambahan keluarga dan orang yang dicintai, pasien dapat mencapai kedamaian batin dan menemukan penutupan dari pengalaman mereka sebelumnya.
8. Peningkatkan kecerdasan Emosional
Mengingat berbagai manfaat kesehatan dari melukis dan menggambar, jelas bahwa kegiatan ini dapat menyebabkan peningkatan kecerdasan emosional individu. Dalam memungkinkan emosi seseorang mengalir melalui seni, seseorang dapat membuat pemahaman yang lebih baik dari perasaannya bervariasi. Satu dapat melakukan percobaan pada perasaan sukacita, damai, kasih, dan kebahagiaan saat melakukan tugas-tugas ini.
Melalui perbaikan dalam kepribadian seseorang dan stabilitas emosional, melukis dan menggambar tidak menguntungkan satu individu tetapi bahkan orang-orang di sekelilingnya. Sebagai individu akan mampu merespon emosi dirasakan oleh orang lain, orang-orang ini juga akan berbagi efek positif dari seni.
Individu yang terlibat dalam melakukan seni tersebut dapat mencerahkan hari orang lain dan membantu mereka mengatasi kesulitan apa pun yang mereka mungkin mengalami. Saat ia memiliki kontrol yang lebih emosi, dia akan menjadi pendamping yang sangat baik bagi orang-orang dengan siapa ia berinteraksi.
Meningkatkan Senses
Sebagai manfaat kesehatan dari melukis dan menggambar yang jelas dalam kegiatan mental seseorang, kegiatan ini juga dapat mempromosikan peningkatan indra. Mengetahui peran otak dalam menyampaikan pesan untuk menginstruksikan tindakan yang harus dilakukan oleh tubuh seseorang, merangsang organ terpisahkan ini sangat penting untuk meningkatkan organ mengontrol. Dengan demikian, seorang individu yang telah terlibat dalam melukis dan menggambar akan mengalami banyak perubahan positif dalam bagaimana ia akan menanggapi dan melihat dunia.
9. Mobilitas lebih baik
Untuk satu, seni dapat memungkinkan seseorang untuk memiliki mobilitas yang lebih baik. Sebagai individu akan perlu menggunakan kuas atau pensil untuk membuat karya seni, ia akan mengembangkan gerakan tangan yang lebih efisien. Melalui peningkatan aktivitas otak seseorang, sinyal dapat secara efektif dikirim dari otak ke neuron motor yang akan memberikan tindakan tertentu yang harus dilakukan. Akibatnya, keterampilan motorik halus akan muncul.
10. Menjadi lebih detail
Untuk menambah daftar manfaat kesehatan dari melukis dan menggambar, kegiatan ini akan memungkinkan seseorang untuk menjadi lebih jeli rincian dari lingkungannya. Sebagai salah satu lebih terkena cahaya, kegelapan, warna, shading, dan banyak properti lain dari melukis dan menggambar, ia akan mampu untuk membayar perhatian dekat dengan rincian halus. Matanya akan dilatih untuk mencari desain yang rumit dan bentuk yang mungkin telah diabaikan di masa lalu. Dengan demikian, sebagai otak akan membiarkan konsentrasi seseorang meningkatkan, seorang individu dapat melihat dan menghargai bahkan rincian yang paling sangat kecil yang dapat dilihat.
Kesimpulan
Mengingat berbagai manfaat kesehatan dari melukis dan menggambar, jelas kegiatan ini dapat sangat berguna dalam mempromosikan kesejahteraan individu. Selain meningkatkan kemampuan mental dan emosional, seorang individu dapat menikmati peningkatan keterampilan sensorik dan motorik melalui melukis dan menggambar konstan. Sebagai orang dapat terlibat dalam melukis dan menggambar, kegiatan ini pasti patut dicoba.
Mengetahui kesulitan yang ditawarkan oleh kehidupan, akan menyenangkan untuk sesekali mengambil beberapa waktu, mengangkat kuas atau pensil, dan mulai melukis atau menggambar.

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar